Select a page

ARIBA ARIBA Yihaaaa!!!!!

Pada tanggal 21 Juni 2014 PPI-Wageningen menjadi tuan rumah untuk program ARIBA. ARIBA, singkatan dari ARIsan BersamA, merupakan program PPI Belanda berupa ajang silaturahmi antara PPI-kota sebelanda. Kali ini PPI-Wageningen menyambut tamu dari kota-kota lain dan sudah menyiapkan serangkaian acara seru di Wageningen. Walau pun teman-teman yang datang tidak terlalu banyak dikarenakan kesibukan PPI masing-masing, acara tetap berlangsung sangat meriah dan pastinya seru.

Acara dimulai pada pagi hari di depan student housing Borneseteeg. Seperti biasa, acara diawali dengan perkenalan masing-masing peserta. Tak perlu waktu lama untuk berkenalan, peserta langsung dibawa menuju kampus Wageningen University dan melihat berbagai gedung-gedung unik tempat dilangsungkannya perkuliahan dan penelitian mahasiswa dan karyawan WUR. Tidak lupa peserta berfoto di gedung ikon Wageningen University, Forum Building.

Acara tur kampus berakhir di gedung GAIA, di mana terletak World Soil Museum. Peserta juga berkesempatan memasuki World Soil Museum untuk melihat-lihat dan mendapat ilmu tambahan di Soil Museum. (Normalnya museum hanya buka di hari Rabu, sepertinya rombongan peserta ARIBA menjadi pengunjung ‘special’) Di World Soil Museum, 2 orang scientist menerangkan mengenai macam-macam tanah yang ada. Dan ternyata beliau memiliki hubungan khusus dengan Indonesia, sehingga beliau menerangkan dengan sangat antusias. Peserta ARIBA juga terlihat sangat bersemangat mendengarkan dan interaktif bertanya.

Selepas dari World Soil Museum, Peserta ARIBA bersepeda menuju Hemmen. Selepas melewati City Centrum, Pemandangan yang terlihat hanya hamparan hijau di kiri-kanan jalan. Dalam perjalanan, peserta juga menyebrangi sungai Rhein melalu Ferry. Sesapainya di seberang, peserta beristirahat sejenak untuk makan siang. Di lokasi makan siang, banyak berlalu lalang Traktor, mobil, dan juga motor yang unik-unik sehingga menjadi tontonan menarik sambil makan siang. Tak jauh dari lokasi makan siang, terdapat kebun cherry dan aneka berry. Tak lupa setelah makan siang peserta menikmati lezatnya cherry dan strawberry segar nan lezat.

Perjalanan pun berlanjut menuju Kasteeltuin, Hemmen. Sepanjang jalan dipenuhi perkebunan dan peternakan. Aroma segar sapi dan pemandangan gerombolan sapi di pinggir jalan menemani perjalanan para peserta. Tak lama kemudian, peserta pun sampai di tujuan akhir Kasteeltuin, Hemmen. Di tempat ini terdapat reruntuhan kastil dari zaman dahulu kala. Walau pun kastilnya sudah runtuh, tamannya masih terawat dan menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi. Tampaknya peserta sudah cukup lelah dalam perjalanan. Ketika alas duduk digelar, saat itu juga peserta mulai tidur-tiduran.

Setelah cukup beristirahat, peserta disajikan dengan games ‘blindfolded leader’ dan ‘how long can you go’. Dan kedua games tersebut dimenangkan oleh tim ‘Nama Kelompok’. Peserta pun kembali ke Wageningen sekitar pukul 15:30 dan menuju city centrum di mana acara penutupan berlangsung. Setelah penutupan, beberapa peserta berputar-putar menikmati city centrum Wageningen yang ‘amazing’. Dan tidak lupa tentunya menikmati Ice Cream special Wageningen Cicuto. Bahkan ada seorang peserta yang tambah hingga 3 kali.

Akhir kata, peserta dan juga panitia sangat menikmati rangkaian acara ARIBA. Walau pun melelahkan, namun perjalanan sangat menarik dan juga dapat ilmu tambahan dari World Soil Museum.

DSC_1436

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*