Select a page

Berbakti Sosial di Panti Jompo Rumah Kita

di Rumah KitaWah, ada acara ‘Pasar malam’ di Panti jompo Rumah Kita? Acara apa itu ya? Dan mengapa nama panti jompo ini terdengar seperti Indonesia sekali?

Ya, ini merupakan salah satu kegiatan tahunan Panti jompo Rumah Kita yang bertempat di Plein 15 August 1-6708 Al Wageningen, yang kali ini dilaksanankan pada tanggal 15 Juni 2013. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya memperkenalkan keberadaan panti jompo ini di Belanda. Walaupun kegiatan ini bernama ‘pasar malam’, namun pelaksanaannya bukan di malam hari, melainkan sejak dari pagi hingga sore hari. Dalam kegiatan ini para pengunjung dapat menikmati serta membeli segala sesuatu yang berbau khas Indonesia, mulai dari makanan, kerajinan, pakaian, dan lain sebagainya. Namun jangan salah, pengunjung yang datang tidak hanya orang Indonesia ataupun keturunan Indonesia, tetapi banyak yang datang dari berbagai kota di negeri kincir angin ini.

di Rumah Kita 2Panti jompo Rumah Kita merupakan salah satu panti jompo di Belanda yang mengkhususkan diri untuk merawat para oma-opa keturunan Indonesia. Berlandaskan keunikan tersebut, PPI Wageningen kemudian menjadikan panti jompo ini sebagai salah satu sasaran untuk kegiatan bakti sosial. Salah satunya dengan menurunkan sejumlah anggotanya untuk membantu kegiatan ‘Pasar malam’ ini, yang kemudian disebar ke beberapa stand yang ada. Sudah tentu terjadi peristiwa unik dan lucu didalamnya, karena walaupun ‘event’nya berbau khas Indonesia, namun banyak personil yang terlibat dikegiatan ini hanya fasih berbahasa Belanda. Sudah tentu terjadi kecanggungan berbaur kebingungan di awal-awal kegiatan, mengingat para sukarelawan PPI umumnya hanya menguasai bahasa Indonesia dan Inggris. Namun seiring waktu, kecanggungan in berangsur hilang dan tergantikan dengan kerjasama yang menyenangkan. Hal lain yang tak kalah menyenangkan adalah suasana ‘rumah’ membuat perasaan rindu terhadap negeri tercinta Indonesia dapat sedikit terobati. Apalagi, ketika berhadapan dengan sejumlah pengunjung yang ternyata fasih berbahasa Indonesia. Dan bahagianya, ternyata para sukarelawan PPI dapat menikmati salah satu makanan khas Indonesia gratis… ya, hadiah kecil dari sedikit kerja keras para sukarelawan. [Kontributor: Kristina Novalina Nainggolan]

1 Comment

  1. Wibi Thursday February 16th, 2017 Reply

    Hallo,
    Saya Wibi dari Jakarta. Terima kasih untuk sharingnya mengenai panti jompo Rumah Kita. Saya mau tanya, apakah panti jompo ini terbuka untuk dikunjungi setiap saat? Atau harus dengan appoinment?

    Btw,kenapa tidak disertakan juga foto2 suasana di panti jompo Rumah Kita?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*