Keberangkatan & Kedatangan

Last check & update: September 2020

Sebagai mahasiswa baru pasti banyak sekali barang yang ingin dibawa tapi terbatas bagasi. Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan toko atau perlengkapan di Wageningen ini. Oleh karena itu kami menyarankan supaya teman-teman membawa barang yang sekiranya penting saja. Berikut ini adalah daftar barang dan dokumen yang PPI Wageningen rekomendasikan untuk dibawa.

Perlengkapan Pribadi

  1. Masker dan hand sanitizer secukupnya
  2. Pakaian: jaket tipis, jaket tebal untuk winter, sarung tangan, syal, celana jeans, t-shirt, jilbab, sandal jepit, sepatu, baju kasual, baju batik, kaos kaki, sweater, handuk, celana olahraga, jas hujan.
  3. Perlengkapan elektronik: laptop, hard disk, flash disk, router, rice cooker, headphone/headset, power bank.
  4. Perlengkapan kuliah: ransel, tas, kalkulator, perlengkapan alat tulis, buku, kamus Indonesia-Inggris dan recorder (jika perlu).
  5. Kosmetik dan toiletries (secukupnya): pasta gigi, sikat gigi, sabun, shampoo, body lotion, lip balm, skin care, pembalut
  6. Obat-obatan, terutama obat-obatan pribadi, contoh: Tolak Angin, obat pereda nyeri, obat alergi, obat maag, minyak kayu putih dan, Fresh Care, serta resep yang telah dikonsultasikan pada dokter.
  7. Perlengkapan ibadah.
  8. Bumbu masakan instan (cukup penting).
  9. Makanan awet, misalnya rendang, kentang, tempe kering, dsb.
  10. Perlengkapan dapur, terutama kotak makan dan botol minum.
  11. Dompet dan uang tunai secukupnya.
  12. Barang yang tidak ada di Belanda, dan dirasa penting seperti guling, lampu putih, gayung, foto keluarga.

Dokumen

Dokumen penting beserta salinannya yang sudah dilegalisasi (jika perlu) untuk keperluan yang tak terduga. Berikut dokumen yang penting dibawa:

  1. Ijazah dan transkrip yang sudah dilegalisasi,
  2. Paspor beserta visa,
  3. Akta yang telah dilegalisasi,
  4. Pasfoto,
  5. Materai
  6. Dokumen penting lainnya (seperti surat dari beasiswa).

Bagi mahasiswa yang membawa keluarga, adapun dokumen tambahan yang wajib disediakan untuk keperluan administrasi keluarganya, diantaranya adalah:

  1. Scan paspor pribadi,
  2. Scan paspor anggota keluarga yang diundang,
  3. Surat beasiswa dan ditambah dengan surat keterangan gaji atau sponsor lain dalam satu dokumen,
  4. Scan akta nikah yang sudah diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah serta dilegalisasi oleh Disdukcapil, Kemendagri, Kemenlu, dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda,
  5. Scan akta lahir anak dalam Bahasa Inggris dan dilegalisasi, Attendence certificate dan form TB istri,
  6. Form TB anak .

Kedatangan

Biasanya PPI Wageningen akan menyambut kedatangan mahasiswa baru di Bandara Schipol. Namun, karena pandemi COVID-19, teknis penyambutan kedatangan mahasiswa baru mengalami perubahan, menyesuaikan dengan kebijakan yang sedang berlaku.

Keterangan

  1. Daftar di atas merupakan rekomendasi secara umum. Teman-teman dipersilakan untuk membawa lebih atau memperkirakan sendiri kebutuhannya. Namun, pertimbangkanlah jumlah barang yang ingin dibawa, karena tim penjemput bukanlah portir dan teman-teman harus membawa semuanya sendiri setibanya di Belanda.
  2. Perhatikan pula barang-barang yang tidak diperbolehkan dalam penerbangan internasional dan maksimal barang bawaan, misalnya cairan 100ml di kabin, dll. Selengkapnya dapat dilihat website maskapai terkait.
  3. Jika datang pada akhir musim panas (Juli-Agustus), hindari membeli perlengkapan musim dingin di Indonesia, lebih baik
    membelinya di Belanda atau menunggu hibah dari senior. Silakan jika tetap mau mau membawa beberapa, tapi akan lebih mudah dan murah membelinya di sini.
  4. Jika datang pada musim dingin (Januari-Februari) kami sarankan teman teman membawa satu jaket musim dingin karena suhu dapat mencapai -10°C. Selain itu, kami juga menyarankan membawa beberapa pasang sarung tangan untuk proteksi permukaan tangan.
  5. Hindari membawa baju dalam jumlah berlebihan, karena teman-teman bisa membelinya di Belanda.
  6. Untuk teman-teman yang memilih kamar self-contained, nantinya perlu membeli perlengkapan memasak seperti panci, kulkas, kompor, dsb. Sedangkan untuk yang memilih kamar shared, tidak perlu karena sudah tersedia di dapurnya.
  7. Ketika musim dingin, pemilihan kamar juga menjadi poin penting nih. Kami menyarankan untuk memilih kamar furnished karena fleksibilitas temen-temen akan sedikit berkurang ketika winter untuk membeli dan mengangkut perabotan kamar. Namun setelah musim dingin, teman-teman bisa mencari kamar baru yang unfurnished jika dirasa perlu.

Punya pertanyaan? Silakan isi form di bawah ini! Kami akan membalas pertanyaan Anda melalui email.

    Scroll to Top