Select a page

Legalisasi PPI Wagenigen

Dalam rangka peningkatan tata kelola organisasi, pengurus PPI Wageningen 2017-2018 sejak Januari 2018 telah melakukan diskusi mengenai pendaftaran PPI Wageningen ke Kamer van Koophandel (KVK). Proses diskusi telah dilakukan baik secara internal pengurus maupun secara eksternal (konsultasi dengan pengurus PPI Wageningen sebelumnya serta diskusi dengan perwakilan PPI Rotterdam yang juga memiliki nomor resmi dari KVK). Pengurus PPI Wageningen akhirnya sepakat untuk mendaftarkan PPI Wageningen dengan jenis entitas berupa asosiasi (1) dimana proses pendaftaran dan hal-hal teknis lainnya dilakukan oleh tim kesekretariatan.

KVK merupakan istilah untuk kamar dagang (Chamber of Commerce) di Belanda. KVK berperan dalam menyediakan informasi dan dukungan bagi para pengusaha yang memiliki peranan penting di sektor bisnis di Belanda. Tidak hanya berfokus pada sektor bisnis, salah satu tugas KVK yang diatur menurut regulasi hukum di Belanda ialah untuk menyelenggarakan proses pendaftaran serta pemberian informasi dan konsultasi kepada berbagai jenis entitas di Belanda.

Terdaftarnya suatu entitas di bawah KVK ditandai dengan pemberian nomor resmi entitas tersebut. Dengan nomor resmi, sebuah entitas di Belanda berarti sudah diakui oleh pemerintah Belanda dan memiliki status hukum yang jelas. Entitas yang dapat didaftarkan ke KVK terdiri dari berbagai jenis. Dilansir dari halaman resmi KVK (2), jenis-jenis entitas yang dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan status hukum resmi di Belanda meliputi Perusahaan (Company), Asosiasi atau Perhimpunan (Association), Yayasan (Foundation), Kantor (Officer), Establishment, dan Company of an existing legal entity.

Pendaftaran suatu perusahaan dan badan hukum di Belanda adalah hal yang wajib dan diatur dalam the Netherlands Commercial Registers Act (Handelsregisterwet). Entitas yang didaftarkan kemudian memiliki hak dan kewajiban sesuai dengan regulasi yang ada. Beberapa contoh hak yang didapatkan suatu entitas ketika telah terdaftar di KVK antara lain, dapat memiliki nomor resmi yang dapat digunakan dalam mengajukan sponsor dan grant ke berbagai perusahaan, institusi, atau organisasi lain di Belanda, dapat memiliki rekening bank atas nama entitas tersebut, serta dapat melakukan transaksi ekonomi secara formal, dll. Hak dan kewajiban ini berbeda-beda dan bergantung pada jenis entitas yang didaftarkan.

Dalam proses pendaftaran, tim kesekretariatan menghubungi pihak KVK dan mendapatkan arahan untuk mendaftarkan PPI Wageningen dalam jenis entitas asosiasi. Terdapat dua formulir yang harus diisi yaitu Form 5 (Registration of Foundation, Association or Owners’ Association) (3) serta Form 22 (Registration of Executive Staff Member of a Foundation, Association, or Owners’ Association without a Company) (4). Tim kesekretariatan juga mengumpulkan dokumen-dokumen lama sebagai salah satu persyaratan yang dibantu oleh beberapa alumni, antara lain Bapak Syamsul Rizal (Ketua Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Wageningen tahun 1987), Ibu Harsi Dewantari (Anggota Presidium PPI Belanda tahun 1989 dari Wageningen) serta Bapak Setiyo Hadi Waluyo (alumni Microbiology – WUR tahun 2000). Setelah kurang lebih dua minggu melewati proses verifikasi dokumen, PPI Wageningen akhirnya resmi terdaftar di Kammer van Koophandel dengan nomor asosiasi resmi: 72237317.

Semoga legalitas ini dapat menjadi “one step forward” bagi PPI Wageningen untuk tata kelola organisasi yang lebih baik. Terlebih, legalisasi ini diharapkan dapat membantu organisasi dalam pengembangan inovasi program dalam rangka menjadikan PPI Wageningen sebagai wadah berinovasi, berinisiatif, dan berkolaborasi.

 

Ditulis oleh:
Siti Nisrina Hasna Humaira
Sekretaris PPI Wageningen 2017-2018

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.