Select a page

Workshop Fotografi 2018: Capture the Perfection with Your Limitation!

Selain fokus dengan hal akademik dan seni budaya, PPI Wageningen juga menyediakan fasilitas pengembangan minat dan bakat bagi semua Wagenesia. Salah satunya di bidang Fotografi. Sabtu, 23 Juni yang lalu, Divisi Infokom mengadakan Workshop Fotografi 2018, dengan tema “Capture the Perfection with Your Limitation”. Bertempat di gedung Forum, workshop ini diisi oleh William Setiawan, salah satu fotografer profesional Indonesia (The Best Photographer in Krakow Fashion Week Photography 2015, Poland) yang saat ini juga berdomisili di Wageningen, Belanda.

Tema workshop kali ini diambil untuk mendukung Wagenesia agar tetap bisa menghasilkan foto yang berkualitas dan bermakna terlepas dari apapun fasilitas kamera yang dimiliki (kamera DSLR hingga kamera smartphone). Workshop dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa pemaparan materi dan sharing mengenai skill dasar fotografi, meliputi komposisi, pencahayaan, dan teknik dasar lainnya. William juga mencontohkan secara langsung bagaimana teknik, sikap tubuh, dan angle yang baik saat memotret objek foto manusia. Amelia Kiha (MSc Animal Science 2017) ikut serta menjadi model dalam demonstrasi tersebut. Materi diakhiri dengan diskusi tanya jawab. Peserta terlihat sangat antusias menyimak berbagai penjelasan dari William. Sesi kedua merupakan sesi praktek untuk para peserta. Peserta dibagi ke beberapa kelompok dan dipersilakan berlatih mengambil objek foto bebas di luar gedung Forum. Setelah praktek di luar, peserta juga diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu baru mereka untuk menangkap objek foto makanan (Food Photography). William kembali mencontohkan bagaimana menghasilkan foto makanan yang berkelas dan berkualitas. Tak lupa, William mendiskusikan karya foto-foto Wagenesia pada lomba foto musim dingin (Winter Photo Competition) sebelumnya; apa saja kelebihan foto para pemenang, dan apa saja kekurangan yang bisa diperbaiki oleh semua peserta. Di akhir acara, hasil karya foto peserta saat latihan dikumpulkan dan dibahas bersama. Beberapa foto terbaik pilihan William diberikan reward berupa ditampilkan dalam halaman website PPI Wageningen.

Inti dari fotografi dasar adalah bagaimana kita menghasilkan foto yang memiliki makna atau cerita menarik, didukung dengan komposisi dan sudut yang rapi dan tak kalah menarik. Jangan takut untuk mengeksplor ilmu dan kemampuan yang sudah kamu punya, dan tak perlu kaku dalam mengaplikasikan teknik fotografi. So, sudah siap untuk berkarya? (az)

With photography, it’s no exception. The rules of photography are based on general principles that create great photos. Sometimes though, the composition calls for the rules to be broken.” -Christina Harman.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.