Select a page

FAQs

Browse F.A.Q. Topics

General

  • Apa yang harus dipersiapkan sebelum tiba di Wageningen?

    Kelengkapan administrasi merupakan hal yang utama, karena Belanda sepertinya punya budaya yang terkadang suka membuat ribet hal-hal yang sebenarnya sederhana. Jadi, pastikan semua administrasi dilengkapi sebelum berangkat.

  • Apa yang harus diurus setelah tiba di Wageningen?

    Untuk mempermudah, biasanya kampus (SSC) akan memberikan list hal-hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa yang baru datang terkait administrasi. Kita harus mengurus registrasi untuk mendapatkan proof of enrollment, mengambil Residence Permit di IND ‘S-Hertogenbosch (atau kalau beruntung, kampus akan mengambilkan secara kolektif), daftar Dokter, tes XRay untuk TBC, ke Gementee untuk lapor dan mengurus BSN number, administrasi housing, dan kalau sudah dapat BSN number, jangan lupa segera buka Dutch Bank Account!

    Banyak yang harus diurus? Tenangggg… Nanti kampus akan membantu, yang penting ketika kurang paham atau ada kesulitan (misal: terlambat datang, dsb) be proactive dan segera hubungi kampus atau Student Service Desk atau via e-mail! They’re really helpful.
    Cek juga link berikut: To arrange upon arrival

  • Barang-barang apa saja yang harus di bawa saat pertama datang

    Berbeda dengan negara-negara lain, di Belanda hampir semua barang yang ditemukan di Indonesia dapat ditemukan di Belanda. Jadi tidak perlu repot-repot membawa barang terlalu banyak hingga overbaggage. Beberapa barang yang direkomendasikan karena sulit ditemukan atau untuk bertahan di hari pertama yaitu :

    1. Lampu putih, khususnya untuk belajar karena di seluruh toko yang ada hanya menjual lampu kuning

    2. Pakaian hangat/jaket, karena walau pun datang saat summer suhu udara di Belanda relatif dingin dibandingkan dengan Indonesia

    3. Obat-obatan pribadi

    4. Perlatan makan personal, setidaknya satu set piring sendok karena ada housing yang sama sekali tidak menyediakan alat makan. Setidaknya untuk hari pertama. Untuk selanjutnya tentu saja peralatan ini dapat ditemukan di toko.

    5. Guling, jika merasa perlu. Karena sulit menemukan guling di sini

    Well, tidak banyak yang ‘wajib’ dibawa karena sisanya dapat ditemukan di sini. Selain barang-barang tersebut tentu saja dokumen-dokumen penting wajib dibawa.

     

     

  • Apakah PPI Wageningen bisa membantu untuk menjemput mahasiswa baru?

    BISA.
    Bagi teman-teman yang akan datang ke Wageningen, jangan merasa sungkan untuk minta bantuan PPI Wageningen untuk menjemput. Tentu saja teman-teman harus memberi tahu terlebih dahulu. Bisa hubungi PPI Wageningen mengenai email, kemudian jadwal bisa didiskusikan kemudian.

  • Bagaimanakah transportasi ke Wageningen, jika saya harus travel sendiri dari Schipol ke Wageningen?

    Moda transportasi yang paling efektif mencapai Wageningen adalah dengan kereta. Untuk melihat jadwal kereta dapat melalui www.ns.nl atau 9292. Masukkan asal stasiun (Schiphol) dan stasiun tujuan (Ede-Wageningen). Masukkan informasi juga mengenai waktu keberangkatan yang diinginkan. Nanti akan tampil jadwal kereta, lengkap dengan jalur (jika harus transit di Utrecht), platform kereta, harga tiket dan jam keberangkatan terdekat. Jangan khawatir, kereta ke Wageningen ada hampir setiap 15 menit sekali dan jangan takut nyasar! Karena probabilitas nyasar lebih besar di Kampung Rambutan atau Pasar Rebo! Setelah sampai di stasiun Ede-Wageningen, naik bus no.88 (haltenya di sebelah luar, tidak bersama bus-bus lainnya) turun di halte Droevendalsesteeg, Campus. Jarak tempuh Ede-Wageningen ke Droevendalsesteeg (Forum WUR) sekitar 15-20 menit. Cara lain adalah naik taxi, namun perlu dipertimbangkan tarif taxi relatif mahal.

  • Setelah lapor diri ke Wageningen University, bagaimana menuju student housing?

    Pada masa introduction ada kantor Student Housing (Idealis dan InFacilities) bersisian dengan Student Service Desk. Di sana kita akan diminta tanda tangan kontrak dan diberikan kunci. Kantor ini hanya buka pada weekdays! Kalau kedatangan di Wageningen pada weekend, segera hubungi SSC untuk proses pengambilan (misal: boleh tidak diwakilkan orang lain, dsb). Namun kantor idealis sebenarnya terdapat di gedung Nexus. Ada juga Duwo sebagai provider housing terbaru yang berlokasi di Campus Plaza. Oya, dari Forum ada layanan Driver yang bisa mengantar kita ke Housing. Tanyakan pada saat registrasi di kampus yaaa.

  • Setelah mendapat akun WUR, registrasi sudah beres, bagaimana dengan mata kuliah yang harus diambil?

    Setiap mahasiswa baru akan mendapatkan study handbook (bisa diberikan langsung ketika datang atau harus diambil di WURshop secara gratis). Study handbook ini berisi seluruh mata kuliah yang diselenggarakan di Wageningen University. Untuk mata kuliah apa yang akan diambil bisa didiskusikan dengan Study Advisor masing-masing. Untuk cara registrasinya dapat dilakukan secara online melalui SSC. Untuk registrasi secara online, perlu diperhatikan deadline registrasi. Karena untuk beberapa mata kuliah memiliki maksimum kuota dan juga ada yang tidak menerima keterlambatan registrasi. Untuk masalah ini diskusikan denan Study Advisor dan akan dipandu dengan lebih rinci.

     

  • Bagaimana Sistem Perkuliahan di WUR

    Berbeda dengan sistem perkuliahan di Indonesia dengan sistem semester, sistem perkuliahan di WUR terbagi menjadi 6 period dalam 1 tahun ajaran. Period 1,2,5, dan 6 berlangsung selama 8 minggu yang terbagi atas 6 minggu perkuliahan, 1 minggu study week, dan 1 minggu exam. Sedangkan untuk period 3 dan 4 hanya berlangsung dalam 4 minggu yang terdiri dari 3 minggu perkuliahan, dan 1 minggu exam. Pada period 1,2,5, dan 6 mahasiswa hanya bisa mengambil 2 courses, 1 morning course, dan 1 afternoon course. Terdengar sedikit? Jangan salah, walau pun hanya 2 courses dalam 1 period kuliahnya sangat intensif. Bahkan ada yang full time Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk period 3 dan 4, mahasiswa hanya dapat mengambil 1 course dimana morning dan afternoon course adalah kuliah yang sama.

  • Bagaimana dengan jadwal, ruang kuliah, materi perkuliahan, dll.

    Hal wajib bagi setiap mahasiswa WUR adalah mengecek myportal. Myportal berisi tentang semua informasi mengenai perkuliahan. Jadwal kuliah yang diambil, ruangannya, dan juga link menuju Handbook atau pun Blackboard. Setiap mahasiswa wajib mengecek blackboard. Karena semua informasi mengenai perkuliahan untuk course terkait ada pada blackboard, seperti pengumuman, materi kuliah, tugas-tugas, contoh exam, dll.

  • Bagaimana cara mengenal Wageningen University dan Wageningen City dengan lebih baik?

    Bila ada waktu luang, jangan lupa berpartisipasi di acara Wageningen Annual Introduction Days (AID http://www.caid.wur.nl) a.k.a Ospeknya WUR.  Selain informasi mengenai kampus dan centrum, juga banyak dapat teman baru. Lumayanlah.. event ini bisa jadi ajang adaptasi dengan budaya baru lebih cepat. Selain itu, untuk international student seperti kita, tuition fee yang kita bayarkan sudah termasuk biaya untuk mengikuti AID (walau pun bukan berarti kalau tidak ikut AID bisa lebih murah), jadi merasa rugi jika tidak ikut.

  • Oya, sebelumnya tadi membaca tentang X-Ray test. Itu untuk apa ya?

    Jadi, teman temin sekalian.. setiap ‘penghuni baru’ di Belanda ini wajib hukumnya mengikuti X-Ray test untuk dilihat apakah sudah bebas TBC atau tidak. Setelah mengisi form Xray test yang diberikan oleh pihak kampus, jangan lupa telpon GGD untuk bikin janji kapan harus menyerahkan form itu. Yeah people, even to collect the form we have to make an appointment. Be used of it, we live in the Netherlands now, all comes with the appointment! Hehe. Kalau sudah bikin janji, langkah selanjutnya adalah DATANG!! Orang Belanda strict dengan janji. Kalau berhalangan hadir, minimal sehari sebelumnya konfirm. Bingung cari GGD, check the directions

  • Sim card di Belanda? Pilihan untuk internet mobile?

    Ada beberapa provider yang bisa dijadikan alternatif untuk telefon dan internet, seperti Vodafone, T-mobile, Lebara, dan KPN. Silakan dibandingkan sendiri provider mana yang dirasa paling cocok secara servis dan juga tarif.

     

  • Tempat belanja kebutuhan sehari-hari?

    Setelah menempuh hampir 18 jam penerbangan dari Indonesia, tentunya perut minta diisi dong ya. Yang tinggal di sekitar Ede bisa ke Ede-Centrum, yang tinggal di Wageningen, bisa ke Wageningen-Centrum, atau bisa ke supermarket Jumbo (Tarthorst 1223, Wageningen) yang berlokasi paling dekat dengan kampus. Selain Jumbo, alternatif supermarket tempat belanja lainnya yaitu Lidl (Stadsbrink 4 – 10), Albert Hein (Stadsbrink 375), Hoogvliet (de Arc 3), dan Aldi (Churcillweg 92)

  • Sistem pembelian makanan di kantin kampus? Print? Fotokopi?

    Semua dilakukan dengan sistem eWallet Inepro. Sistem ini sudah diintegrasikan dengan WUR Card yang dimililiki oleh tiap student. Dengen mengisi kredit di kartu ini, kita dapat melakukan print, fotokopi, dan jajan di mesin kopi/snack. Pengisian saldo dapat dilakukan di web berikut ini. Pengisian dapat dilakukan dengan menambah €10, €20, €30, €40 or €50 di WUR Card dengan menggunakan akun bank belanda kita secara online. Saat ini juga terdapat aplikasi MyInepro di smartphone sehingga untuk pengisian kredit dapat dilakukan langsung dari handphone masing-masing. Untuk pembelian makanan di kantin dapat dilakukan langsung dengan menggunakan kartu debit kita (tidak bisa dengan cash).

  • Bingung kamar masih kosong? Beli kitchen utensils? karpet? sepeda? dll? dsb?

    Wageningen Student Plaza is a good start!

    Di sini jadi ajang tempat jual-beli segala macam barang, bahkan hibah binatang peliharaan pun ada. So, take your time here. If you’re lucky enough, you’ll get the nice secondhand stuffs!

  • Belum puas dengan Wageningen Student Plaza? Maunya milih barang-barang secara langsung?

    Bisaaaaa! You should go to Emmaus!! This is a more than secondhand shop! (Duh, udah berasa SPGnya Emmaus aja nih). Asal cermat dan teliti, barang-barang super murah, fungsional dan kece bisa dibawa pulang! Dimana dan bukanya jam berapa saja, cek link ini yaaaa

  • Pengen cari makanan halal? Kangen sama bumbu-bumbu Indonesia?

    Bisa diatur itu! Khusus makanan halal, adanya di Zam-Zam: website. Untuk toko Asia, namanya Toko Indrani! Keduanya berlokasi di dekat centrum Wageningen. Ketika jalan-jalan di centrum untuk pertama kali, jangan lupa minta diantar teman menuju toko-toko tersebut.

  • Bagaimana supaya punya kartu diskon bila jadi frequent traveler untuk kereta di Belanda?

    Cek link berikut: OV-Chipkaart

    Setelah apply yang personal OV-Chipkaart, baru bisa apply kartu diskon 40%. Biaya administrasi 50 euro/tahun. 1 kartu OV-Chipkaart bisa digunakan oleh 4 orang (1 orang cardholder dan 3 orang temannya), asalkan travel bareng-bareng dengan cardholdernya ya. Oya, OV-Chipkaart juga bisa digunakan untuk pembayaran bus/metro/tram. Untuk abonemen discount card ini, biasanya ada periode promo untuk pendatang baru yang tarifnya bisa menyusut menjadi 29 euro/tahun. Jadi teliti dan cermat untuk promo-promo seperti ini.

    Selain itu, agar bisa mengeluarkan ongkos yang lebih murah, maka grup tiket NS (untuk kereta) dapat menjadi pilihan. Grup tiket ini menyediakan tiket bergrup yang jika dibandingkan dengan ongkos kereta biasa jauh lebih murah karena bisa mengeluarkan sampai 7 euro untuk perjalanan pulang-pergi menuju satu tujuan. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa kondektur agak strict soal grup tiket ini, misal perjalanan harus bersama grupnya, atau asal-tujuan terbalik. Tapi, hal ini sebenarnya tidak masalah karena tidak melanggar aturan yang dibuat NS. Info lebih lanjut ada di link berikut ini.