Select a page

Studi di Wageningen University and Research Center

Wageningen University (WU) didirikan pada tahun 1918. Sejak saat itu, WU memegang peranan penting pada pendidikan dan penelitian di bidang tumbuhan, hewan, lingkungan, agro-tekhnologi dan ilmu-ilmu social. Pada decade terakhir, WU termasuk salah satu pusat pendidikan dan penelitian di bidang life sciences dan pengelolaan sumberdaya alam. Keberadaan WU berperan penting di kota Wageningen, sehingga motto kota Wageningen yaitu “City of Life Sciences”

Perkembangan selanjutnya, WU kemudian berkolaborasi dengan National Agricultural Research Institute (DLO), sehingga namanya menjadi Wageningen University and Research Centre (Wageningen UR). System pendidikan berbasis pada fundamental-strategic-applied research yang inovatif diterapkan pada tingkat BSc, MSc dan PHd.

Struktur oganisasi Wagenigen University, terdiri dari 5 Departemen yaitu:
1. Environmental Science
2. Plant Science
3. Animal Science,
4. Social Science
5. Agrotechnology and Food Science.

Masing2 departemen memiliki lagi beberapa jurusan dan spesialisasi sehingga walaupun secara nama dan tema, universitas ini adalah universitas pertanian, tetapi cukup banyak cabang ilmu yang ditawarkan, dari mulai hal2 yang berkaitan erat dengan ilmu pertanian seperti Horticulture Production and Bio-informatics hingga disiplin ilmu yang lebih jauh kaitannya seperti public health dan Forest and Nature Conservation.

Untuk program-program pendidikan yang ditawarkan dapat dilihat di website universitas.