Select a page

Tempat Ibadah

Bagi yang beragama Islam

Saat ini di Wageningen belum ada mesjid yang mengumandangkan athan seperti halnya di Indonesia. Tetapi jangan kuatir karena kita bisa mendownload waku shalat berikut athan sesuai dengan waktu Wageningen melalui http://www.islamicfinder.org/. Bagi kaum pria yang akan melakukan sholat Jumat di Wageninen, terdapat satu mesjid berlokasi di Nude yang secara rutin mengadakan ibadah sholat Jumat berjamaah.

Untuk mempererat tali persaudaraan dan silahturahmi komunitas muslim Wageningen, setiap bulannya diadakan pengajian yang diorganisir oleh para pelajar Wageningen. Pengajian ini biasanya dihadiri pula oleh para keluarga Indonesia yang telah lama bermukim di Wageningen. Pada saat pengajian, suasana Indonesia sangat kental sekali terasa karena acara ini selalu dilengkapi dengan makanan dan canda ria khas Indonesia. Hal inilah yang membuat para pelajar tidak begitu canggung menghadapi suasana lebaran di tanah rantau Wageningen. Walaupun mungkin tetap terasa ada yang kurang karena jauh dari keluarga di Indonesia, namun di Wageningen kita bisa merayakan hari kemenangan dengan keluarga dan saudara baru. Hari raya dirayakan bersama dengan melakukan sholat Ied atau sholat Iedul Adha di mesjid yang berlokasi di Wijkcentrum de Nude, Kortestraat 2 6702 BH Wageningen. Kemudian para warga Wageningen biasanya berbondong bondong menuju salah satu rumah sesepuh untuk berkumpul, bersilaturahmi serta menyantap makanan khas hari raya.

Suasana hari kemenangan tidak terasa pudar karena masih ada acara malam silaturahmi yang diselenggarakan oleh para international student dari negara muslim, bekerjasama dengan warga muslim di Wageningen. Memperkuat tali persaudaraan serta bertukar pengalaman, budaya dan wawasan merupakan inti dari penyelenggaraan acara tersebut. Pada acara ini tidak ketinggalan juga hadirnya hidangan berbagai makanan khas dari negara masing masing.