Select a page

Jalan-jalan PPIW Summer 2015 (Italy)

Akhir libur summer 2015 lalu, PPI Wageningen mengadakan kegiatan jalan-jalan ke Italia. Perjalanan dimulai tanggal 26 Agustus 2015, kami berangkat dari Eindhoven Airport menuju Pisa Airport. Setibanya di Pisa Airport, kami segera menuju ke landmark nya kota Pisa, ya Menara Pisa! Menara Pisa atau dalam bahasa Italinya disebut Torre di Pisa adalah bell tower dari Pisa Cathedral di area Piazza dei Miracoli. Selain Menara Pisa dan Pisa Cathedral, di area Piazza dei Miracoli yang termasuk dalam UNESCO world heritage site ini terdapat pula dua bangunan lain yakni Pisa Baptistry dan Camposanto Monumentale.

italy2

Selanjutnya kami menuju Florence menggunakan kereta. Florence adalah ibukota dari Tuscany. Karena kecantikannya, kota ini dinobatkan menjadi salah satu “World’s Most Beautiful Cities” oleh majalah Forbes. Kami menginap semalam di sebuah hostel dekat Piazza Santa Maria Novella. Saat malam hari, tempat ini sangat romantis dengan lampu-lampu, taman, dan iringan musik. Tempat lain yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Florence adalah Piazza del Duomo. Di tempat ini terdapat sebuah katedral yang sangat besar, keempat terbesar di Eropa, yaitu Santa Maria del Fiore Cathedral dan museum Opera del Duomo yang menyimpan karya-karya Michelangelo, Donatello, Lorenzo Ghiberti, dan lainnya. Banyak tempat menarik lainnya yang kami kunjungi selama di Florence, salah satunya adalah Ponte Vecchio, sebuah jembatan di atas sungai Arno yang dikenal karena masih memiliki toko-toko yang dibangun di sepanjang jembatan seperti zaman dahulu. Pada masanya, jembatan ini dipenuhi oleh toko-toko daging yang sekarang berganti dengan toko-toko jewelry, art, dan souvenir.

Kota terakhir yang kami kunjungi di Italia adalah Roma. Perjalanan dari Florence ke Roma sejauh 278 km kami tempuh dengan kereta cepat Frecciarossa selama 1,5 jam saja! Di Roma kami menginap selama dua malam di Plus Camping Roma.

Hari kedua di Roma, kami berkunjung ke kantor FAO. Di sana kami didampingi oleh Bapak Tazwin Hanif dan Bapak Royhan Wahab dari KBRI Roma. Perwakilan dari FAO mempresentasikan tentang FAO dan apa saja yang dilakukan FAO. Saat presentasi ini perwakilan FAO mempersilahkan untuk menyela langsung jika ada yang ingin ditanyakan sehingga sesi ini berlangsung seperti diskusi. Untuk mewujudkan visinya yaitu “Achieving food security for all”, upaya-upaya dilakukan oleh FAO seperti menyediakan informasi dalam bentuk publikasi sehingga dapat dijangkau oleh pihak-pihak yang membutuhkan, menyediakan policy support untuk negara-negara anggota, menyediakan wadah bagi negara-negara untuk dapat berkumpul bersama dan membuat kesepakatan mengenai isu-isu pangan dan pertanian, dan mengaplikasikan pengetahuan di lapangan dengan proyek-proyek lapangan yang tersebar di seluruh dunia. Di diskusi ini juga dibahas permasalahan ironis yang terjadi saat ini terkait food security, yaitu food loss di negara berkembang dan food waste di negara maju. Food loss di negara berkembang terjadi di awal food supply chain yaitu sebelum distribusi dan konsumsi, sedangkan food waste di negara maju terjadi di akhir food supply chain yaitu di tingkat konsumen dan retailer seperti toko bahan makanan, restoran, dan rumah tangga. Setelah sesi diskusi selesai, kami diajak berkeliling kantor FAO, termasuk ke ruangan-ruangan konferensi yang biasanya digunakan sebagai tempat pertemuan dan perundingan delegasi-delegasi dari berbagai negara.

italy 4

Kantor FAO ini berdekatan dengan beberapa main sight nya kota Roma, seperti Colosseum, Palatine Hill, dan Circo Massimo. Perjalanan kami di Italia ditutup dengan mengunjungi negara dengan luas terkecil di dunia yang berlokasi di dalam kota Roma yaitu Vatican. Selepas dari Vatican, kami menuju ke Fiumicino Airport untuk kembali ke Belanda menghabiskan liburan summer yang tersisa sebelum kembali ke kampus tercinta!