Select a page

Apa saja yang Perlu dibawa ke Wageningen?

13 Agustus 2018 di Stasiun Amsterdam Airport Schiphol, Mahasiswa Baru Angkatan September 2018.

 

Mahasiswa baru Wageningen University yang masih di Indonesia dan sedang mempersiapkan diri untuk tinggal di Wageningen biasanya akan bertanya-tanya tentang hal ini. Sebenarnya kalian tidak perlu terlalu membawa banyak barang bawaan karena kalian bisa membelinya di Wageningen. Namun jika kalian masih bertanya-tanya, berikut adalah  barang bawaan yang perlu kalian bawa.

  1. Pakaian

Jenis pakaian yang perlu kalian bawa adalah pakaian dalam, pakaian untuk di rumah, pakaian untuk keluar rumah, dan pakaian untuk olahraga. Dikarenakan hembusan angin di Negara Belanda yang begitu kencang, kami sarankan untuk membawa windbreaker jacket.

Adapun pakaian yang membuat efek bulky seperti sweater tidak perlu perlu dibawa karena beberapa toko-toko di Belanda menjualnya dengan harga terjangkau. Kalian juga sebenarnya tidak perlu membawa jas hujan karena di Belanda juga ada beberapa toko yang menjualnya, namun jika kalian merasa perlu membawanya, silahkan saja.

Ada juga jenis pakaian khusus yang kami sarankan untuk membawanya dari Indonesia, seperti baju batik. Jika kalian merasa perlu untuk membawa baju daerah seperti kebaya, kain lilit, kain songket akan lebih bagus lagi sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Bagi wanita yang berhijab, kami sarankan untuk membawa ciput (dalaman hijab) dan baju renang khusus wanita berhijab karena jenis baju renang ini susah ditemukan di toko-toko di Belanda.

Untuk perlengkapan musim dingin seperti kaus kaki tebal, sarung tangan, beanie, shawl, kalian tidak perlu membawanya terutama jika kalian datang ke Wageningen di bulan Agustus atau September. Akan tetapi, jika kalian datang ke Wageningen di bulan Februari, kami anjurkan untuk membawanya. Selain itu, kalian disarankan untuk membawa  thermal underwear long johns set dan inner heat tech yang biasanya dipakai saat musim dingin.

  1. Personal Care

Untuk hal ini, yang perlu kalian bawa adalah handuk, sikat dan pasta gigi, pembersih muka, sabun, shampoo, , serta tissue basah, body lotion, hand cream, body butter, nivea petroleum jelly, lip balm . Namun, segala jenis personal care sebenarnya sudah dijual di berbagai toko di Wageningen. Jadi, bawa secukupnya saja ya!

  1. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah seperti kitab suci, mukena, sarung, sajadah (bagi yang muslim),  tasbih.

  1. Alas Kaki

Kalian cukup membawa alas kaki secukupnya seperti sepatu sneakers, sepatu slip on, dan sendal, dan kaus kaki.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan yang perlu dibawa seperti paracetamol, obat diare, obat alergi, obat batuk, dan obat-obatan herbal seperti tolak angin, fresh care, minyak kayu putih.

  1. Barang elektronik

Barang elektronik yang perlu kalian bawa tentunya adalah hp dan laptop beserta charger, earphone, power bank, flash disk, dan hardisk eksternal. Selain itu, kalian juga bisa membawa kamera, modem router, mouse, terminal kuningan jika kalian merasa perlu membawanya.

  1. Dokumen penting

Dokumen penting yang akan kalian bawa terdiri dari passport, visa, Amro Bank Form, Ijazah S1 asli dan fotokopi, transkrip S1, Letter of Acceptance, Letter of Guarantee, Insurance form, Akta Kelahiran.

  1. Ransum

Makanan atau bahan makanan yang perlu kalian bawa dari Indonesia adalah bumbu jadi, abon, sambal terasi sachet, minum makanan bergizi (energ**), saus sambal sachet, bon cabe, dan mie instan. Kalian cukup membawa seperlunya karena produk-produk ransum Indonesia banyak dijual di supermarket dan toko Asia di Belanda.

  1. Buku bacaan

Buku bacaan sifatnya optional. Kalian bisa membawa beberapa buku bacaan baik yang terkait dengan perkuliahan kalian atau buku bacaan ringan untuk dibaca saat di dalam perjalanan baik dari Indonesia ke Belanda atau saat kalian melakukan perjalanan nantinya di Belanda.

Barang bawaan yang kami uraikan di atas adalah barang-barang yang umumnya di bawa oleh mahasiswa Indonesia ketika pertama kali datang ke Wageningen. Pada umumnya mahasiswa baru membawa satu koper ukuran besar yaitu 28″ (47 x 32 x 73cm), satu koper kecil ukuran kabin (22″: 38 x 22 x 58cm) yang akan ditaruh di bagasi pesawat dan tas ransel serta tas selempang kecil untuk tempat barang-barang berharga.

 

Ditulis Oleh:

Astrid Citra Padmita (Master student of Nutrition and Health)

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.