Select a page

“I Have a Dream”: Angklung PPIW in Angklung Festival “Hits through the Ages” by Angklung Eindhoven

Oleh: Mary Martha Santoso

Tepukan tangan membahana terdengar setelah suara merdu angklung yang mengalunkan lagu ‘I Have a Dream” selesai dimainkan. Hal ini tidaklah mengherankan sebab komposisi ciptaan band legendaris asal Swedia ini begitu apik disajikan dalam konser tahunan Angklung Eindhoven pada 5 Juni kemarin. Konser bertajuk Hits Through the Ages tersebut bertempat di Frits Philips Muziekgebouw, Eindhoven.

IMG_0188

Yang spesial dari konser tahun ini adalah untuk pertama kalinya Grup Angklung Eindhoven berkolaborasi dengan empat grup angklung lainnya dari beberapa kota lain di Belanda, sebut saja angklung PPIW, PPI Groningen, Sekolah Indonesia Nederland dan Angklung Club Adisoerja. Total ada 18 lagu yang dimainkan baik secara berkolaborasi maupun sendiri-sendiri. Pada kesempatan kali ini, angklung PPIW memainkan empat lagu, yaitu Indonesia Raya sebagai lagu pembuka, Can’t Take My Eyes sebagai single song, I Have a Dream dan Beatles Medley di penghujung acara. Tentunya kerja keras para pemain angklung selama hampir kurang lebih tiga bulan latihan seakan terbayar lunas dengan sambutan penonton yang begitu antusias di setiap lagu yang ditampilkan. Selain itu penonton seakan diajak untuk bernostalgia melalui tembang-tembang lawas yang dimainkan, seperti My Heart Will Go On, Close to You dan Ayun – ayun.

IMG_0184

“Saya dulu menyangka bahwa angklung hanya bisa digunakan untuk memainkan lagu daerah saja, namun ternyata kini saya juga dapat menikmati lagu-lagu barat dalam permainan angklung,” ujar I Gusti Agung Wesaka Puja, Dubes RI di Belanda yang turut serta menonton acara ini. Selanjutnya, beliau juga menuturkan harapan agar ke depannya alat musik tradisional asal Jawa Barat tersebut dapat digunakan untuk memainkan komposisi klasik yang lebih rumit. “Ini merupakan mimpi saya,” pungkasnya sebelum mengakhiri sambutan. Ok deh, sukses terus buat angklung PPIW dan ditunggu untuk penampilan selanjutnya ya!

IMG_0172

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*