Select a page

Welcoming Day For Intake September 2016

Welcoming Day For Intake September 2016

Oleh: Muhammad Fadhulullah

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru asal Indonesia di Wageningen University (WUR), di tahun akademik yang baru (starting point September 2016), PPI Wageningen kembali mengadakan acara WUR Introduction Day (disingkat WUR Intro). Acara ini bertujuan memberi gambaran kepada para mahasiswa baru mengenai sistem akademik di WUR, kehidupan sehari-hari di Wageningen, dan sekilas mengenai PPI Wageningen. Sebagai informasi, pada tahun akademik baru ini, jumlah mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan studi di WUR mencapai 130 orang. Pemaparan mengenai sistem akademik WUR dibawakan oleh Murti (Harimurti Buntaran, Plant Science Sept ‘14) yang merupakan salah satu suhu di Wageningen. Pada sesi ini, teman-teman baru bisa tahu mengenai sistem perkuliahan di WUR dan penilaiannya, pentingnya registrasi kuliah sebelum deadline, dan hal-hal lainnya yang jangan sampai terlupa agar tidak menghambat perkuliahan. Sesi sharing kehidupan di Wageningen dibawakan oleh Rocky. Rocky (Rocky Putra, Biology Feb ‘16) berbagi mengenai hal-hal penting yang dapat menunjang kehidupan teman-teman baru di Wageningen, seperti lokasi tempat-tempat perbelanjaan dan nomor-nomor darurat. Sesi akhir dari WUR Intro ini merupakan perkenalan tentang PPI Wagenigen oleh sang ketua sendiri, Anan (Ananditya Nugraha, Food Safety Sept ‘15). Pada sesi ini teman-teman baru diperkenalkan dengan divisi-divisi apa saja yang ada di PPI Wageningen, serta kegiatan-kegiatan menarik apa saja yang dapat diikuti oleh teman-teman baru.

Presentasi WUR Introduction Day

Selain WUR Intro, PPI Wageningen mengadakan juga acara BBQ bersama dan lapor diri KBRI yang merupakan satu rangkaian kegiatan dengan acara WUR Intro. Acara BBQ bersama diadakan di halaman Forum dan terbuka bagi seluruh warga Indonesia yang tinggal di Wageningen. Dalam acara BBQ bersama ini, para peserta dapat membawa makanannya sendiri dan membakarnya di area BBQ. Namun PPI Wageningen juga menyediakan makanan untuk dibakar bersama seperti ayam dan sachlik. Sambil mengisi jeda waktu antara acara WUR Intro dan lapor diri KBRI, para mahasiswa baru asal Indonesia juga dapat mengikuti acara BBQ bersama ini, sembari makan malam, berkenalan dengan sesama, baik warga Indonesia baru maupun yang sudah lebih dahulu tinggal di Wageningen, dan menikmati cuaca cerah hari-hari akhir musim panas di Belanda. Acara BBQ bersama ini sempat dikunjungi juga oleh duta besar Republik Indonesia di Belanda, Bapak I Gusti Agung Wesaka Puja beserta atase pendidikan dan kebudayaan, Bapak Bambang Hari Wibisono, yang akan mengisi acara lapor diri KBRI.

 
Makan malam bersama dengan menyantap hidangan BBQ

Lapor diri di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) merupakan hal yang harus dilakukan oleh warga Indonesia yang baru datang di Belanda dan akan tinggal dalam waktu agak lama. Hal ini berfungsi untuk mencatat keberadaan warga Indonesia di Belanda. Umumnya lapor diri dapat dilakukan dengan langsung datang ke KBRI di Den Haag. Namun karena jumlah pelajar baru di Wageningen asal Indonesia yang sangat besar, maka seperti periode akademik sebelumnya pihak KBRI memberi kemudahan dengan langsung datang ke Wageningen untuk memfasilitasi lapor diri ini. Yang spesial dari lapor diri KBRI kali adalah datangnya langsung duta besar Republik Indonesia di Belanda, yakni Bapak I Gusti Agung Wesaka. Selain lapor diri, teman-teman baru juga dibekali informasi penting saat tinggal di luar Indonesia, khususnya di Belanda, seperti mengenai hak dan kewajiban warga negara Indonesia selama tinggal di Belanda. Selain itu, tentunya warga Indonesia yang tinggal di Wageningen dapat juga bersilaturahmi dengan para staf KBRI. Di sela-sela acara lapor diri ini, PPI Wageningen juga mempersembahkan penampilan tari jawa dan ratoh duek kepada para staf KBRI dan teman-teman baru. Hal ini untuk menunjukkan bahwa selain tugas utama belajar, para pelajar Indonesia di Wageningen dapat tetap menjaga nilai kebudayaan Indonesia yang difasilitasi oleh PPI Wageningen.

Welcome Indonesia Embassy Representative,
Sambutan oleh Dubes Indonesia pada acara Lapor diri KBRI

Tari Golek Manis yang ditampilkan pada saat acara Lapor Diri KBRI berlangsung

   Tari Ratoh Duek yang ditampilkan pada saat acara Lapor Diri KBRI berlangsung

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*