Select a page

Liberation Day ‘Bevrijdingsdag’ di Wageningen

Oleh : Shindi Indira

Pada saat Indonesia berjuang untuk kemerdekaan masa perang dunia ke II, ternyata Belanda juga sedang berjuang melawan okupansi Nazi Jerman yang dimulai pada 10 Mei 1940. Hal ini berawal ketika Rotterdam di bom dan tentara Belanda menyerah. Namun akhirnya pada 5 Mei 1945 Jerman menyerahkan Belanda kembali setelah mereka ditaklukan kekuatan dari Kanada. Maka setiap tanggal 5 Mei negeri ini merayakan kemerdekaan nya terhadap Jerman, dan penandatangan kemerdekaan tersebut di lakukan di hotel De Wereld di Wageningen (Sumber : Wikipedia 2010).

Maka setiap tahunnya di Wageningen diadakan pesta besar-besaran untuk merayakan kemerdekaan ini. Dengan dibentuknya panitia khusus ‘4 en 5 Mei Wageningen’ diselenggarakanlah berbagai jenis kegiatan mulai dari konser music bermacam-macam genre sampai dengan pawai kendaraan bersama veteran-veteran perang Belanda dan Kanada.

Pada 5 Mei 2010 kemarin, Wageningen yang tadinya sepi dan tenang, kali ini dibanjiri oleh orang-orang baik penduduk setempat maupun pendatang. Konser-konser musik diadakan menyebar di beberapa tempat di seluruh pusat kota. Ada sekitar 20 spot kegiatan termasuk panggung musik dan kegiatan kebudayaan seperti tarian-tarian, tempat bermain anak-anak dan juga sirkus jalanan. Orang Belanda hobi dan senang sekali minum bir terbukti dengan banyaknya stand-stand bir dihampir setiap pojokan jalan. Tidak hanya bir tapi juga banyak stand makanan ala Belanda seperti Patat atau kentang goreng, Poffertjes atau pancake mungil dan juga Shoarma makanan khas Turki. Acara dimulai pada jam 12 siang sampai dengan jam 12 malam dan masih di penuhi dengan orang-orang disetiap panggung musik.

Jika orang bilang Wageningen itu kota kecil, atau juga bisa dibilang desa, tapi Wageningen juga punya acara yang bisa menarik orang-orang untuk datang setiap tahunnya.

Tentang Penulis: Shindi Indira, Mahasiswi Master program Landscape Architecture and Planning Wageningen University-2009

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*