Select a page

Panduan Kepulangan Pasca Kelulusan

Tanpa terasa perjalanan dua tahun perkuliahan magister di Wageningen telah berakhir. Ada perasaan bahagia tentunya bagi teman-teman yang telah menyelesaikan proses perkuliahan di Wageningen University & Research. SELAMAT untuk teman-teman semuanya!

Tentunya setelah dinyatakan lulus, teman-teman akan segera disibukkan dengan pengurusan administrasi seperti penutupan akun bank, terminate housing, dan lain-lain.

Nah, dari pihak universitas akan mengirimkan email yang berisi tentang pemberitahuan mengenai panduan yang berhubungan dengan penonaktifan resident permit yang teman-teman bisa ikuti.

Ada beberapa hal yang teman-teman wajib lakukan ketika telah dinyatakan lulus oleh pihak universitas.

  • Memberi informasi mengenai informasi kelulusan dan juga tanggal untuk menonaktifkan masa penyewaan kamar (terminate housing) kepada Idealis sebagai penyedia tempat tinggal. Jangan email secara dadakan loh ya, kalian bisa email minimal 1 bulan sebelum meninggalkan Wageningen. Khusus bagi teman-teman yang tinggal di kamar unfurnished, pastikan kalian mengosongkan kamar tersebut. Nah untuk kamar furnished jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu sebelum ditinggalkan.
  • Melakukan penutupan Bank Belanda. Untuk akun mahasiswa di Wageningen, tentunya bank yang bersangkutan adalah ABN Amro. Kalian bisa melakukan penutupan akun bank tersebut ke ABN Amro dan jangan lupa membawa identitas seperti paspor atau verblijf. Selain itu, buat kalian yang mager ke bank untuk menutup akun, kalian juga bisa melakukan secara online dengan cara menggunakan internet banking. Nah, nanti ada pilihan ke Manage, pilih Direct Debit, Services, all other services in one place dan terakhir pilih select the bank account (Normal/Direct Sparen). Oh ya jangan lupa mengosongkan saldo yang ada, jika saldonya masih tersisa saat kalian melakukan penutupan akun, maka otomatis saldo tersebut akan hangus.
  • Memberitahukan informasi kelulusan tersebut ke Municipality. Di sini, teman-teman akan menginformasikan bahwa teman-teman akan meninggalkan Belanda atau mengganti alamat tempat tinggal jika masih ingin tinggal di Belanda. Lapor kepulangan di Municipality adalah suatu kewajiban loh ya! Jika tidak kalian bisa terkena denda.

Oh ya jangan lupa juga mengembalikan dokumen resident permit seperti verblijf dengan datang langsung ke loket IDN di Municipality tempat kalian tinggal ketika melakukan signout alamat atau mengirimkannya ke alamat

IND Bureau Documenten

PO Box 7025

8007 HA Zwolle

Ps. Jangan lupa merusak sedikit resident permit tersebut dengan cara melubanginya.

  • Menutup akun distudielink atau DIGID melalui website www.studielink.nl atau www.digid.nl. Khusus penutupan akun mahasiswa di website tersebut, seharusnya dilakukan sebelum pelulusan. Jangan lupa untuk menyebutkan pelulusan (graduation) sebagai alasan penutupan akun tersebut. Nanti dari pihak SSC kampus akan menutup akun kalian ketika kalian resmi dinyatakan lulus.
  • Jangan lupa melakukan pelegalisiran fotocopi ijazah dengan menghubungi pihak SSC.
  • Khusus teman-teman yang mendapatkan rent subsidy, jangan lupa melakukan pembatalan rent subsidy yang disebut “zorgtoeslag”. Proses penonaktifan rent subsidy ini sebaiknya dilakukan minimal 2 bulan sebelum meninggalkan Belanda dan dilakukan melalui website Housing Desk.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menonaktifkan rent subsidy;

  1. Masuk ke link http://mijn.toeslagen.nl
  2. Log in dengan akun DigiD-mu.
  3. Kemudian klik ‘Actuele Berekeningen’
  4. Klik tahun akan menonaktifkan rent subsidy.
  5. Klik ‘Huurtoeslag‘ pada sebelah kiri menu
  6. Klik pada bagian atas kanan, nanti akan ada pilihan ‘Ik wil mijn huurtoeslag stopzetten’
  7. Lengkapi tanggal berakhirnya kontrak rumah (yaitu tanggal ketika kalian akan peninggalkan Belanda, jangan lupa centang pilihan ‘NEE’ dan klik confirm (akkoord/bevestig/doorgaan/verder)
  • Untuk beberapa kasus, mahasiswa diwajibkan untuk membuat surat keterangan bebas dari tindak kriminal atau berkelakuan baik (a statement of non-criminal behaviour) yang akan dibutuhkan untuk mendaftar kerja (Khusus untuk teman-teman yang berencana kerja di Belanda).
  • Selanjutnya bagi teman-teman yang berencana untuk tinggal di Belanda, sebaiknya membuat legal residence.

Selain beberapa hal di atas, teman-teman jangan lupa juga melakukan Lapor Diri Kepulangan melalui aplikasi ALDITA yang dapat diakses secara online. Namun, untuk proses offline, setelah mendapatkan surat keterangan de-registration dari Gementee, teman-teman bisa membawa surat tersebut ke KBRI.

Meski pun terlihat banyak hal yang harus diurus, namun tentunya bukan menjadi suatu hambatan untuk teman-teman melakukan beberapa kewajiban tersebut. Oh ya, setelah sampai di Indonesia dan mendapatkan ijazah serta transkrip nilai, jangan lupa melakukan penyetaraan ijazah yang dapat diakses melalui website dari Kemenristekdikti http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/

Selamat dan sukses untuk teman-teman semua!

*) jika ada informasi tambahan, dapat menghubungi admin PPI Wageningen. (isz)

Sumber :

https://ind.nl/en/other/Pages/leaving-the-Netherlands.aspx
https://ppienschede.org/panduan-legalisasi-dokumen-dan-persiapan-pulang-pasca-kelulusan/

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.