Select a page

Persiapan Keberangkatan

Anda sudah diterima di Wageningen University? Apakah semua hal sudah dipersiapkan dengan baik? Kami bantu dengan sedikit tips dan trik sebelum anda siap untuk terbang ke Wageningen. Data lebih lengkap mungkin perlu anda tanyakan lebih lanjut dengan pihak Universitas dan atau Netherlands Education Centre.

Sebelum Keberangkatan

Pada dasarnya hal-hal yang dipersiapkan untuk keberangkatan studi tidak jauh berbeda ketika anda bepergian untuk traveling atau menetap sementara ke suatu kota. Hal-hal yang penting adalah : dokumen, pakaian secukupnya (sesuai iklim dan cuaca kota yang dituju), uang cash dan atau travel cheque. Berikut ini beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dan perlu dipersiapkan sebelum anda berangkat ke Wageningen:

A. Dokumen

  1. Pasport (dan beberapa kopiannya)
  2. Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir (oleh universitas asal)
  3. Surat nikah/cerai (apabila relevan)
  4. Akte kelahiran yang diperbaharui dan disahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Luar Negeri, dan Kedutaan Belanda di Jakarta (dalam bahasa Inggris).
  5. Pas foto dengan latar belakang yang jelas (biasanya biru muda dan bukan yang berwarna merah)
  6. Dokumen-dokumen lain yang dirasa perlu (surat keterangan beasiswa, dsb). Apabila tidak berkenan untuk membawa dokumen-dokumen tersebut, disarankan untuk tetap menyimpan dalam bentuk soft copy.

Untuk lebih jelasnya mengenai dokumen yang harus dibawa, dapat dilihat di website Wageningen UR.

B. Pakaian dan perlengkapan

  1. Pakaian secukupnya. Apabila anda datang pada bulan Februari, mutlak perlu untuk membawa pakaian musim dingin seperti jaket, thermal underwear/long john, sweater, syal, topi. Apabila akan mengikuti perkuliahan di bulan September, jaket biasa sudah mencukupi. Pakaian musim dingin bisa dibeli menjelang musim dingin datang di Belanda (baru/second hand).
  2. Sandal jepit
  3. Alat Tulis
  4. Sepatu dan Sandal
  5. Laptop, kamera, dsb.

Lebih lengkapnya, perlengkapan yang perlu dibawa bisa dilihat di sini. Tidak semua barang di list ini anda perlukan, namun setidaknya ini bisa memberikan gambaran apa yang perlu anda bawa nanti.

C. Uang Tunai dan/atau Travel Cheque

  1. Jangan lupa mengantongi mata uang Euro dalam kantong anda. Anda akan membutuhkannya untuk membeli tiket kereta, taxi ataupun bus
  2. Anda juga bisa membawa travel cheque yang kemudian bisa diuangkan di bank
  3. Anda juga bisa menggunakan kartu ATM yang dibawa dari Indonesia. Bank di Indonesia umumnya memiliki jaringan kerjasama dengan perbankan global semisal Cirrus, Alto, Mastercard, Visa, dll. Penarikan di luar Indonesia dikenakan ongkos yang tidak terlalu mahal, sekitar 2 EUR.

D. Makanan dan obat-obatan

  1. Bawa makanan secukupnya saja. Beberapa makanan Indonesia bisa didapatkan disini (beras, tempe, tahu, Indomie, krupuk udang, terasi, dll)
  2. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi anda

Satu hal, jangan lupa cek berat barang bawaan anda, jangan sampai kelebihan. Disarankan pula sebelum keberangkatan anda memberitahukan jadwal keberangkatan dan kedatangan anda kepada PPI Wageningen (pesawat, tanggal keberangkatan, waktu tiba) sehingga memudahkan kami untuk melakukan penjemputan (jika memungkinkan).

Menjelang Keberangkatan

Sudah siap untuk ‘terbang’ ke Wagenigen? Sudah pamitan ke semua orang-orang yang anda sayangi? Sebelum anda berangkat siapkan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan Visa/MVV (authorisation for temporary stay) dan tiket pesawat anda sudah di tangan.
  2. Pastikan anda datang lebih awal ke bandara untuk check-in (2-4 jam sebelumnya), serta perhatikan baggage allowance yang disediakan oleh maskapai.

SELAMAT BERSIAP-SIAP!!