Select a page

Wageningen 750: Kemeriahan Beragam Suku Bangsa dan Budaya di Ulang Tahun Wageningen yang ke-750.

750Rabu 12 Juni 2013 yang lalu, kota Wageningen genap berusia 750 tahun. Di usia yang ke-750 ini, beragam perayaan diselenggarakan, mulai dari tgl 12 – 15 Juni. Perayaan-perayaan tersebut mengambil tempat di pusat kota Wageningen dengan tema yg berbeda-beda tiap harinya. Tema pada hari terakhir, yaitu pada tgl 15 Juni, adalah “Festival City of Cultures”. Sebanyak 25 stan disediakan secara gratis untuk berbagai peserta yang mewakili bermacam-macam Negara dalam rangka memperlihatkan keberagaman suku bangsa dan budaya di kota kecil nan asri, Wageningen. Tiap stan berusaha menyajikan hal yang unik dan khas tentang negerinya masing-masing, mulai dari seni kaligrafi, kerajinan, pakaian, tarian, hingga makanan.

PPI Wageningen tentunya tidak ketinggalan dalam ikut memeriahkan dan menyuguhkan kekhasan dan kekayaan budaya Ibu Pertiwi. Acara dimulai pukul 15.30 CET. Secara umum, stan Indonesia mendapat tanggapan yg sangat positif. Hal ini bisa dinilai dari banyaknya peserta yang sudah berkumpul dan bertanya-tanya tentang makanan yang akan dijual padahal stan belum didekorasi, makanan masih di dalam kotak, dan beberapa hal masih berantakan. Di stan ini, PPIW menjual makanan-makanan khas Indonesia, seperti martabak, kelepon, bolu pisang, sate, nasi goreng, tempe tumis kecap, dan siomay. Selain itu, PPIW juga menawarkan beberapa kerajinan tradisional dari Indonesia, seperti tas bercorak batik, selendang, kerajinan dari kayu jati, dan sebagainya.

Di awal, suasana yang hiruk-pikuk cukup membuat batin dan raga tertekan, tetapi semua berjalan dengan lancar dan makanan yang sudah dipersiapkan habis terjual semua. Di penghujung acara, membawa pulang kotak makanan yang sudah kosong, keutungan bersih sebesar 148 euro, dan tanggapan yang begitu antusias dari para pengunjung Wageningen 750, membuat hati senang-puas membungkus semua kelelahan. [Kontributor: Serafiani Gabriela dan Jimmy Wilopo]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*