Select a page

Wangkringan PPI WUR : Oil Palm Smallholder Challenges Towards Global Modern Market and Environmental Issues in Indonesia

Kegiatan bulanan Wangkringan PPI WUR edisi kedua, 13 Maret 2013, bertempat di Number 3, Student Housing Bornsesteeg, mengangkat topik “ Oil Palm Smallholder Challenges Towards Global Modern Market and Environmental Issues in Indonesia” dengan pembicara kandidat doktor, Pak Sakti Hutabarat.

Topik yang diangkat oleh pembicara sangat menarik untuk di diskusikan mengingat dengan pemberlakuan global market 2014 akan berdampak besar pada industri kelapa sawit nasional terutama nasib para petani kecil (smallholders). Globalisasi sistem pangan dan konsumsi pangan bernilai tinggi berimbas pada tingginya standar yang diberlakukan. Crude Palm Oil (CPO) dituntut untuk memiliki sertifikasi bertaraf internasional apabila Indonesia masih ingin melanjutkan ekspor CPO-nya ke Eropa maupun negara-negara maju lainnya.

Sayangnya pengurusan dokumen sertifikasi tidaklah mudah karena syarat utama sertifikasi adalah traceable (dapat ditelusuri). Mulai dari hulu hingga hilir atau mulai dari benih hingga menjadi produk akhir haruslah memiliki catatan yang jelas dan dibukukan. Hal ini tentu sulit dilakukan bagi para petani kecil di Indonesia.

Lebih lanjut, diskusi pada acara Wangkringan kali ini mengarah kepada kesimpulan akan perlunya usaha untuk membantu, mengajarkan, dan membina para petani dalam pemenuhan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pemerintah tentu memegang peranan sangat penting dalam pemecahan masalah ini. Koperasi petani direkomendasikan sebagai cara ampuh untuk mengorganisasi dan membantu para petani.

Presentasi dan diskusi berlangsung kurang lebih 3 (tiga) jam karena antusiasme para peserta yang tinggi. Diskusi antara pembicara dan peserta berlangsung sangat interaktif. Di akhir acara, Pak Sakti Hutabarat selaku pembicara menawarkan beberapa solusi dalam rangka mengatasi pemasalahan yang akan terjadi antara lain dengan membuat organisasi yang bisa membantu para petani kecil serta memperbesar akses untuk mendapatkan informasi. Acara ini diharapkan dapat membuka kepedulian mahasiswa WUR dalam mencari solusi bukan hanya terhadap isu-isu global tetapi juga nasib para petani kecil kelapa sawit di Indonesia. [Kontributor: Nuni Ferawati dan Zahara Mardiah]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*