Select a page

Wangkringan PPI-WUR : Sharing Ilmu Cara Penggunaan Endnote

Pelatihan Cara Penggunaan Endnote merupakan program perdana bulanan Wangkringan PPI WUR. Kegiatan ini diadakan pada sabtu 16 Maret 2013, pukul 10.30 – 13.00 bertempat di Forum Building WUR C103. Pemateri pelatihan perdana ini adalah sdr. Jimmy Wilopo, sedangkan para peserta adalah para mahasiswa/i Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Wageningen University and Research Center (PPI-WUR) baik dari  program master maupun doktoral.

Program Wangkringan PPI WUR merupakan wadah berbagi ilmu akademis maupun praktis antaranggota PPI, sekaligus sebagai salah satu media silahturahmi. Tema endnote diangkat mengingat penguasaan software bibliografi ini dinilai sangat bermanfaat dalam membantu mahasiswa dalam penulisan secara akademis di mana harus menyertakan semua referensi yang kita gunakan secara benar. Endnote merupakan  software  manajemen referensi yang didesain untuk memudahkan pengguna dalam mencari referensi yang relevan atau sesuai dengan yang pengguna inginkan,  pengaturan sitasi dan membuat  bibliografi.  Sumber referensi bisa berasal dari database yang tersedia di software tersebut atau secara online melalui Science direct, WUR library, global search, google scholar, Web of knowledge dan lain-lain.

Acara wangkringan diawali dengan peng-instal-an program endnote di laptop masing-masing peserta. Setelah itu diikuti dengan pemaparan secara singkat oleh pemateri tentang langkah-langkah penggunaan endnote yang sekaligus langsung dipraktekkan oleh para peserta. Di sela-sela acara, Pak Sakti, salah satu kandidat doktoral WUR, juga berbagi ilmu mengenai trik-trik mencari referensi tulisan ilmiah melalui sistem pencari, seperti Web of Knowledge. Beliau secara pribadi tidak menyarankan penggunaan google scholar, mengingat ketidakakuratan sistem ini dalam menampilkan hasil pencarian berdasarkan tahun.

Acara yang semula dijadwalkan selesai pukul 12.30 akhirnya ditutup pada jam 13.00 karena antusiasme dari peserta yang cukup tinggi. Acara ini diharapkan dapat berguna bagi mahasiswa Indonesia di Wageningen University tidak hanya dalam penulisan tesis tetapi juga untuk penulisan jurnal ilmiah lainnya.

[Kontributor : Nuni Ferawati dan Zahara Mardiah]

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*