Select a page

Photography Workshop and Contest 2019 (Press Release)

 

Foto bersama narasumber, William Setiawan

Pada hari Minggu 16 Juni 2019, PPI Wageningen telah menyelenggarakan kegiatan Photography workshop and Contest yang bertempat di Gedung Forum C0103. Workshop dimulai dari pukul 11.00 hingga pukul 16.00 dengan narasumber William Setiawan atau yang biasa dipanggil Ko Willy. Beliau adalah fotografer professional yang berdomisili di Wageningen, Belanda.

Pria yang pernah berkuliah di jurusan Arsitektur Universitas Tarumanegara ini memulai karir fotografinya pada tahun 2009 dengan spesialisasi di bidang fashion, beauty dan komersial fotografi. Beliau juga terlibat dalam proyek periklanan dari klien seperti Dove, Pertamina, Bank Mandiri, Optik Melawai, Metro Department Store dan Dunkin Donut. Selain iklan, beliau juga pernah menjadi director of photography untuk TV komersial dan video clip music sejumlah artis seperti Ello dan Sandy Sandoro.

Workshop Session I dimulai pada pukul 11.10 dengan pemateri Ko Willy yang bertema “Basic Photography”. Dalam sesi tersebut, Ko Willy memaparkan tiga kunci utama dalam fotografi seperti cerita dan point of interest, lighting and exposure dan komposisi. Beliau menjelaskan cara kerja kamera, beberapa jenis lensa beserta contohnya.

Ada beberapa tips yang diberikan oleh Ko Willy seperti untuk menghasilkan efek bokeh pada background, posisi fotografer harus lebih dekat dengan objek, gunakan lensa tele. Untuk lensa tele, atur kecepatan shutter minimum untuk mengurangi foto yang tidak focus. Pilihlah sensor kamera yang lebih besar. Sensor yang lebih besar akan lebih baik untuk mengatasi noise. Selain itu, white lens lebih baik untuk mengurangi guncangan (shake atau blur).

Setelah pemaparan sesi I dilanjutkan dengan praktek foto indoor (di dalam ruangan). Setiap orang memilih objek foto yang mereka lihat dengan kamera masing-masing. Praktek fotografi dilakukan selama 45 menit dan setelah itu dilanjutkan dengan break time yaitu makan siang dan sholat.

Pada pukul 2 siang, acara dilanjutkan dengan workshop sesi 2 yang bertema editing photo dengan menggunakan aplikasi lightroom, photoshoop, VSCO dan photopiils. Setelah sesi selesai, para peserta melakukan praktek outdoor yang kemudian hasil foto tersebut dilombakan dalam kontes fotografi. Pada workshop fotografi kali ini, tiga orang teman-teman kami dengan sukarela menjadi model. Mereka adalah Anthony, Citra dan Danika.

Juara 1 Lomba Fotografi, Intan Ika

 

Karya foto juara 1

Karya foto juara 2

Karya foto juara 3

Setelah para peserta mengambil foto outdoor, mereka diminta untuk mengupload foto pada link yang sudah disiapkan oleh panitia. Sembari menunggu hasil pemenang, acara diisi dengan coffee break dan penampilan lagu oleh Randa Hidayat. Pengumuman pemenang yang dipilih langsung oleh Ko Willy dengan kategori pemenang pertama adalah Intan Ika, pemenang kedua adalah Hoshita dan pemenang ketiga adalah Meilisa. Adapun juara harapan pada acara workshop kali ini adalah Afina dan peserta paling antusias mengikuti acara adalah Akbar. Para peserta terpilih tersebut mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Selanjutnya acara ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama.

Terimakasih atas ilmunya, Ko Willy 🙂

By : Jurike Winarendri

 

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.