Select a page

Popular Essay Competition and W-Talk : Challenge and Opportunities towards industrial revolution 4.0 in developing countries

Sorry, this entry is only available in Bahasa Indonesia. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

 

Pemerintah menandai program “Making Indonesia 4.0” sebagai agenda nasional yang penting untuk mendorong perekonomian Indonesia melalui revolusi industri 4.0. Rancangan roadmap “Making Indonesia 4.0” melibatkan para pemangku kepentingan dari berbagai segmen, termasuk pemerintah, pemain industri, asosiasi perdagangan, perusahaan teknologi, serta lembaga penelitian dan akademik. Dalam proses pembentukan Indonesia 4.0, lima sektor prioritas diusulkan yaitu makanan dan minuman, otomotif, tekstil, elektronik, dan bahan kimia. Kelima sektor tersebut juga merupakan sektor kunci dalam perekonomian dunia, sehingga Indonesia dianggap juga harus menjadi salah satu pemain global di kelima sektor ini. Sektor-sektor tersebut dapat dilihat dalam tiga perspektif berbeda yaitu kehidupan (aspek sosial dan biologis), makanan (produksi dan manufaktur pangan) dan bumi (aspek lingkungan).

 

Tentunya akan ada berbagai tantangan yang muncul dalam penerapan revolusi industri di negara-negara berkembang, khususnya Indonesia. Dengan adanya keterlibatan platform teknologi dan transformasi digital serta  peraturan pemerintah, berbagai permasalahan bisa muncul terutama ketika dihadapkan dengan dinamika masyarakat.

 

Melalui Kompetisi penulisan esai popular ini kami berharap dapat mengumpulkan hasil-hasil pemikiran dan ide solusi para pemuda pembaharu terkait Peluang dan tantangan yang dihadapi oleh negara-negara berkembang dalam penerapan Revolusi Industri 4.0. Lomba ini diperuntukkan bagi kamu para pemuda pelajar Indonesia di seluruh dunia yang memiliki ide, harapan atau mungkin pengalaman tentang tantangan dan peluang bagi negara berkembang khususnya Indonesia dalam menerapkan teknologi untuk pengembangan di bidang-bidang berikut.

Food : Pertanian modern, food-print (3D), manufaktur makanan, rantai pasokan makanan, manajemen kualitas makanan, dll.

Life : Berhubungan dengan biologi sintetis, bioinformatika, produksi alat medis, nanoteknologi, transformasi sosial, mata pencaharian, dll.

Earth : Pembangunan kota berkelanjutan, perkotaan cerdas, penginderaan jarak jauh, pengawasan lingkungan, manajemen data geospasial, dll.

Persyaratan Umum

1. Peserta merupakan warga negara Indonesia yang berusia 18-35 tahun. 

2. Esai dibuat dalam bentuk tulisan populer berbahasa Indonesia, dalam hal ini berupa Esai Opini  Para peserta diharapkan dapat menerapkan pemikiran analitis, keterampilan menulis, dan juga pengalaman-diri untuk mengembangkan esai yang baik.

3. Esai harus dibuat berdasarkan sub-tema (Food, Life dan Earth) yang telah disebutkan di atas.

4. Format penulisan mengikuti aturan-aturan berikut:

    • Menggunakan jenis huruf Times New Roman 11 dengan spasi 1,5; margin 3-3-3-3;
  • Esai harus terdiri dari 800-1000 kata dan dikirim dalam bentuk file .doc

5. Biografi singkat dari para peserta dilampirkan di halaman terakhir esai.

6. Esai dikirim melalui email SimposiumRI4.0@gmail.com, dengan subject: Nama_Universitas_Jurusan_Judul Essai

7. Esai dikirimkan bersama dengan scan KTP/paspor, kartu pelajar, atau kartu identitas lainnya.

8. Esai dikirimkan sebelum tanggal 25 September 2018 pukul 23.59

9. Esai bersifat orisinil dan belum diterbitkan/pernah memenangkan kompetisi esai sebelumnya.

10. Esai akan dinilai oleh juri berdasarkan rubrik evaluasi yang berisi 3 aspek umum sebagai berikut:

    • Ide dan keaslian esai
    • Kesesuaiannya dengan tema yang ditentukan
  • Gaya penulisan dll.

*Lomba ini tidak dipungut biaya.

Pemenang dan hadiah kompetisi

Seorang peserta dengan esai terbaik dari masing-masing bidang akan mendapatkan Dana Implementasi Ide sebagai penghargaan terhadap kontribusinya dalam kompetisi.

Esai-esai  terbaik akan dipublikasikan di situs web Asosiasi Mahasiswa Indonesia dan para penulis akan mendapatkan hadiah istimewa dari kami.

Semua karya peserta akan dikumpulkan dan dipublikasikan dalam bentuk buku elektronik yang akan diberikan kepada para peserta.

Tanggal penting:

Pengiriman Essay:

1 Agustus – 25 September 2018 (untuk semua peserta dari dalam dan luar wilayah Eropa)

Peserta yang dinyatakan lolos akan diinformasikan melalui email peserta. Sepuluh esai terbaik di masing-masing bidang akan diundang untuk mempresentasikan gagasan mereka selama Mini Symposium (W-talk). Berbagai ide tersebut kemudian akan disusun ke dalam “Book of Ideas”, yang akan diteruskan kepada pemangku kepentingan dan diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan.

W-Talk

Selain mengumpulkan tulisan, kami mewadahi cross-sharing ideas bagi para peserta dengan mengadakan W-Talk. Dikemas dalam bentuk Presentasi ide dan diskusi, W-Talk merupakan bagian dari kompetisi ini. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memfasilitasi diskusi di antara peserta, terutama para peserta esai dengan topik yang layak untuk dipresentasikan. Kami akan mengatur mini-seminar untuk menyajikan ide-ide terbaik dari kompetisi esai. Kami akan mengadopsi konsep TED-talk dengan mengundang anak-anak muda dari latar belakang pengetahuan yang berbeda untuk berbicara tentang ide-ide atau pengalaman mereka mengenai tantangan dan peluang revolusi industri 4.0 di negara-negara berkembang. Diskusi tersebut akan didasarkan pada tiga subtema yang telah disebutkan di atas. Acara ini akan diadakan pada 28 Oktober 2018 bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.